Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Berkualitas, Datangkan Narsum dari Yogyakarta

Peserta mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak berkualitas yang digelar Dinas Pertanian Kubar.

Sendawar, Kaltimetam.id – Dalam upaya meningkatkan produksi peternakan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman, Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat (Distan Kubar) menggelar pelatihan pembuatan pakan ternak berkualitas. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Balai Pertemuan Umum Kampung Rejo Basuki pada 14-15 November 2023.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Kubar, Sapriansyah, menyampaikan harapannya agar peternak ruminansia di Kubar dapat mandiri dalam memproduksi pakan berkualitas.

Sapriansyah menyoroti pentingnya asupan gizi yang cukup bagi ternak, terutama selama masa mengandung.

“Ketika ternak kurang mendapatkan asupan gizi yang cukup, risiko kematian anak ternak saat lahir atau kelahiran yang tidak normal menjadi tinggi. Bahkan induknya juga bisa mengalami risiko kesehatan yang serius,” ujarnya.

Pihaknya menginginkan agar petani di Kubar bisa memproduksi dan membuat sendiri pakan ternak yang berkualitas. Sehingga hal ini diharapkan dapat membantu dan mendukung usaha peternakan di Kubar.

Pelatihan ini tidak hanya teori tetapi juga praktek. Bahkan empat narasumber didatangkan langsung dari Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Yogyakarta.

Salah satu narasumber, Prof. Dr. Ir Gunawan, menjelaskan materi pelatihan meliputi cara pembuatan mineral block untuk pakan sapi dan kambing, serta strategi produksi, pengemasan, dan pemasaran.

Salah satu peserta asal Kampung Balok Asa Susanto, menyambut positif kegiatan ini. Susanto yang juga menjabat sebagai Kepala Kampung itu menyebut sebagai hal baru yang bermanfaat bagi para peternak.

“Kami sangat berterima kasih dan sangat beruntung mendapatkan materi ini,” ujarnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kemampuan peternak dalam memproduksi pakan berkualitas, mendukung pertumbuhan sektor peternakan di Kabupaten Kutai Barat. (Adv/DiskominfoKubar/FTR)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id