Pembangunan Kantor Lurah Maluhu Kembali Dimulai Tahun Ini

Kantor lama Kelurahan Maluhu sebelum kebakaran terjadi. (Foto: Istimewa)

Kutai Kartanegara, Kaltimetam.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kembali melanjutkan pembangunan Kantor Kelurahan Maluhu pada tahun ini, setelah sempat terhenti pascakebakaran hebat yang terjadi pada 2024 lalu.

Langkah ini ditandai dengan peninjauan langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar ke lokasi proyek, yang menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam memprioritaskan pelayanan publik di wilayah Kelurahan Maluhu.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PU Kukar, yang turun ke lapangan untuk memastikan progres pembangunan dimulai kembali secara konkret.

“Alhamdulillah kemarin Dinas PU langsung dipimpin oleh kepala dinasnya mengecek pembangunan kantor Lurah Maluhu,” ucap Tri Joko belum lama ini.

Ia menilai kehadiran kepala dinas merupakan bentuk perhatian nyata dari Pemkab Kukar terhadap kebutuhan masyarakat di tingkat kelurahan, khususnya di Maluhu.

“Kedatangan beliau luar biasa sekali, membawa manfaat bagi kami, dan langsung proses pengerjaan berjalan hari itu juga,” tambahnya.

Menurut Tri Joko, proses pembangunan kantor tersebut sempat dimulai tahun 2024 lalu, usai musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan utama. Namun baru tahun ini pembangunan dilanjutkan secara optimal agar pelayanan publik dapat ditingkatkan.

“Pascakebakaran pada 2024 lalu, kami tetap memberikan pelayanan seperti biasa dengan memanfaatkan gedung serbaguna Krida Maluhu sebagai kantor sementara,” jelasnya menjabarkan kondisi pelayanan pasca insiden.

Ia menuturkan bahwa proyek pembangunan gedung baru tersebut menggunakan anggaran murni tahun 2025, dengan total alokasi dana mencapai Rp6,9 miliar. Tak ada pengurangan atau rasionalisasi anggaran, yang menunjukkan kesungguhan dari Pemkab Kukar dalam mendukung fasilitas pelayanan warga.

“Mudah-mudahan pembangunan ini bisa berjalan lancar karena anggarannya berasal dari APBD murni 2025, tanpa ada rasionalisasi sama sekali,” tegasnya.

Rancangannya, gedung kantor baru tersebut akan dibangun dua lantai dan dilengkapi fasilitas pelayanan yang lebih lengkap, agar mampu memberikan kenyamanan serta kemudahan kepada masyarakat.

“Ini luar biasa menurut kami, perhatian pemerintah Kabupaten Kukar terhadap keberadaan kantor lurah kami sangat terasa,” tutupnya. (Adv/DiskominfoKukar/SIK)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id