Kaltim Luncurkan Inisiatif Sport Tourism, Agus Hari Kesuma Komitmen Kembangkan Ekonomi Melalui Olahraga

Samarinda, Kaltimetam.id  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma, menegaskan komitmennya untuk mengembangkan sport tourism sebagai motor penggerak perekonomian di daerah.

Dalam upaya ini, Dispora Kaltim akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim untuk menyelenggarakan kejuaraan olahraga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik wisata olahraga di Kaltim.

“Kita terus melakukan upaya meningkatkan sektor sport tourism karena banyak potensi wisata dan atlet berprestasi di Benua Etam,” ujar Agus Hari Kesuma (29/11/2023).

Salah satu contoh keberhasilan dari upaya ini adalah pembangunan venue Layar untuk olahraga laut, termasuk Ski Air, di Maratua, Kabupaten Berau.

“Kalau kalian berkunjung ke Derawan, ada venue Kaltim khusus olahraga menggunakan sarana laut dan rekreasi itu sport tourism sekaligus sport industry,” jelasnya.

Agus Hari Kesuma juga mencatat beberapa cabang olahraga potensial yang dapat dikembangkan sebagai bagian dari sport tourism dan industry, seperti Voli Pantai. Cabang olahraga ini diharapkan dapat menarik perhatian warga lokal dan pengunjung untuk menonton serta menyaksikan pertandingan.

“Kita juga mengadakan Voli Pantai karena termasuk sport industry ini, yang tentu Kaltim galakan terkait sport industry, sementara ini Sepak Bola sudah berjalan, Basket dan Voli,” tambahnya.

Dalam rangka menggaungkan sport tourism, Dispora Kaltim telah mendukung kegiatan Borneo Xtrail di hutan kawasan Kaltim. Agus Hari Kesuma mengajak Asosiasi Lari Trail untuk kembali mengadakan event serupa sebagai bagian dari upaya menjelajahi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahun 2024 mendatang.

“Kita tegaskan kepada Asosiasi Lari Trail untuk kembali mengadakan event serupa untuk menjelajah Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024 mendatang,” tegasnya.

(adv/disporakaltim/fri)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id