Manfaat Aplikasi Pekebun Online yang Dikembangkan Disbun Kukar

Disbun Kukar kembangkan aplikasi Perkembangan Perkebunan Online disingkat Pekebun Online.

Tenggarong, Kaltimetam.id Kepala Bidang Usaha Penyuluhan Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara (Disbun Kukar) Samsiar berhasil mengembangkan aplikasi Perkembangan Perkebunan Online disingkat Pekebun Online.

Samsiar menjelaskan, aplikasi ini sebagai inovasi mengatasi keterbatasan dan validasi data perkembangan dan kemajuan usaha perkebunan di Kukar. Terlebih, Disbun Kukar memiliki fungsi pemantauan dan evaluasi perkembangan pembangunan perkebunan di Kukar.

Samsiar menjelaskan, aplikasi ini akan meningkatkan pelayanan dan kemudahan khususnya Perusahaan Besar Swasta (PBS). PBS terang Samsiar tidak perlu lagi menyampaikan data secara manual kepada Disbun Kukar. Mereka cukup menyampaikan data laporan semester kepada Disbun Kukar secara online.

“Tujuan aplikasi ini untuk minimalisir biaya, meringankan pekerjaan dalam menyusun laporan semester, menyampaikan dan memanfaatkan laporan PBS,” kata Samsiar, Jumat Jumat, 10 November 2023.

Samsiar menjelaskan, aplikasi ini merupakan hasil dari aksi perubahan dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2023, di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda.

Untuk membentuk tim efektif, terang Samsiar, ia menggandeng programmer dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomfo) Kukar. Langkah ini sebagai bagian pelayanan digital yang kini sedang gencar dijalankan Pemkab Kukar.

“Aplikasi Pekebun Online telah selesai dibuat oleh Programmer Diskominfo Kukar dan telah diuji coba pada 21 Oktober 2023 di Kantor Disbun Kukar,” tandasnya. (Yyk/Advertorialdiskominfokukar)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id