Layanan Kesehatan Berbasis Digital Akan Diterapkan di MPP Kukar

pemkab
Kepala Dinas DPMTSP Kukar, Bambang Arwanto.

Tenggarong, Kaltimetam.id  Belum genap setahun dibentuk, Mal Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan pelayanan publik, baik itu pelayanan administrasi atau pelayanan barang dan jasa di Kutai Kartanegara (Kukar) ini sudah sangat jauh berkembang. Diketahui, MPP ini dinaungi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kukar.

Kepala Dinas DPMTSP Kukar, Bambang Arwanto, menyebut, sejak dibukanya MPP di Kukar jumlah pengunjung terus meningkat setiap harinya. Dari data yang tercatat, jumlah pengunjung mencapai 300 orang setiap harinya.

“Sejak dibuka di bulan Febuari (2023), pengunjung MPP semakin meningkat. Awalnya hanya 25 sampai 100 orang perhari. Namun, kini 300 orang per hari untuk semua layanan,” kata Bambang.

MPP di Kukar ini menyediakan ratusan layanan dari 28 entitas pelayanan publik. Mulai dari pengurusan yang berkaitan dengan instansi pajak, imigrasi, kejaksaan, kepolisian, samsat, pendidikan, kesehatan, perbankan, layanan usaha, hingga urusan yang berkaitan dengan kependudukan.

“Layanan paling banyak diakses ialah pajak, imigrasi, samsat dan Dukcapil,” sebutnya.

Mal pelayanan publik di Kukar ini juga bakal menerapkan pelayanan full berbasis digital, terutama terhadap layanan soal urusan kesehatan. Pelayanan berbasis digital tersebut rencananya akan menggunakan teknologi metaverse. Dengan begitu, para pengunjung yang ingin berkonsultasi mengenai kesehatan tidak perlu repot lagi untuk datang ke mal pelayanan publik. Begitu juga sebaliknya dengan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan konsultasi.

“Semua tenaga kesehatan tidak perlu datang, namun layanan bisa selesai,” tutupnya. (JMS/Adv)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id