Ini Langkah Disdikbud Kaltim Saat Aplikasi PPDB 2023 Mengalami Masalah

disdikbud
Pelaksanaan PPDB di SMAN 4 Samarinda. (Foto: Siko/Kaltimetam.id)

Samarinda, Kaltimetam.id Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 Jalur Prestasi, Afirmasi, Perpindahan Dinas Orang Tua dan Zona Lingkungan resmi di gelar pada hari ini, Senin (12/06/2023).

Salah satu sekolah yang melaksanakan PPDB yaitu SMAN 4 Samarinda berjalan lancar meski sempat ada sedikit kendala. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Samarinda, Muhammad Idar.

“Kami sudah membuka pendaftaran pada hari ini dari jam 08.00 – 12.00 WITA, untuk proses penerimaan dari seleksi berkas berjalan dengan lancar tetapi untuk proses pendaftaran melewati aplikasi PPDB sempat mengalami server down,” ujar Idar.

Idar mengungkapkan karena tingginya antusias pendaftar membuat server sempat mengalami kendala.

“Jadi banyak orang tua siswa dan peserta didik menumpuk di SMAN 4 Samarinda melaporkan ada masalah di aplikasi, kendala hari ini tidak cuma disini saja tapi di beberapa sekolah lain juga,” ucapnya.

PPDB pada hari ini membuka 4 jalur yaitu Jalur Prestasi sekitar 15%, Jalur Afirmasi sekitar 15%, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua sekitar 5%, dan Jalur Zona Prioritas RT sekitar 20%.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (Kaltim) sebelumnya diketahui telah bekerjasama dengan PT Telkom untuk mengantisipasi server eror saat pelaksanaan PPDB 2023.

Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan menyatakan bahwa kendala pada saat ini hanya terjadi di beberapa wilayah Kota Samarinda.

“Untuk jaringan tidak ada mengalami kendala, yang ada bermasalah itu di aplikasinya tapi tidak semua wilayah yang mengalami server down,” ujar Kurniawan.

Sebagai upaya untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Kurniawan menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tindakan lebih lanjut terkait dengan kendala Aplikasi PPDB 2023.

“Jadi tadi pagi saya sudah ke tempat penyedia layanan aplikasi dan menanyakan penyebab apa yang menjadi kendala pada hari ini,” terangnya.

“Kita sudah melakukan mitigasi apa yang terkait dengan PPDB baik itu jaringan maupun dengan aplikasi ataupun dengan SDM yang sudah ada, jadi kita sudah melakukan MoU,” sambungnya.

Sehingga, harapannya untuk hari kedua dan ketiga pelaksanaan PPDB dapat berjalan dengan baik serta tidak terjadi kendala seperti hari ini.

“Harapannya tinggal dari aplikasi yang disedikan oleh penyedia. Semoga kendala pada hari ini tidak terjadi lagi pada hari kedua dan seterusnya,” tandasnya. (SIK/Adv)

Dapatkan informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id