Sambut Pesta Adat Erau 2022, Digelar Tradisi Besawai dan Ziarah

Kutai Kartanegara, Kaltimetam.id – Hampir tiga tahun tidak terlaksana karena pandemi COVID-19, tahun ini Pesta Adat Kutai Erau akan kembali digelar di Kutai Kartanegara (Kukar).

Menyambut Erau Adat Pelas Benua, sejumlah persiapan pun digelar. Diantaranya yakni dilakukannya upacara adat Besawai dan Tepong Tawar benda pusaka Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang ditempatkan di dalam kelambu kuning.

Serangkain prosesi tersebut dipimpin langsung oleh Sultan Aji Muhammad Arifin didampingi kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, yang diselenggarakan di Museum Mulawarman, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kukar pada Rabu (14/9/2022).

”Besawai di Kelambu Kuning yang dimana terdapat benda-benda peninggalan Kesultanan bertujuan untuk memberi tahu leluhur, bahwa sebentar lagi akan diadakan Erau dan para leluhur turut diundang dalam kegiatan tersebut,” Kata Sultan Aji Muhammad Arifin.

Selanjutnya, dilakukan prosesi tepong tawar pada replika Naga Laki dan Naga Bini di sisi kanan dan kiri Museum Mulawarman. Acara ditutup dengan ziarah ke makam Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Makam Kelambu Kuning, lalu diakhiri dengan pembacaan doa.

”Kami sangat berharap kegiatan Erau tahun ini dapat berjalan dengan baik dan diberikan berkah yang baik pula. Setelah COVID-19 melanda perekonomian sempat turun. Dengan adanya Erau ini semoga perekonomian membaik, rejeki masyarakat juga semakin melimpah dan diberikan kesehatan semua,” Tutupnya.