Samarinda, Kaltimetam.id – Sukses di East Asian Culture edisi pertama, tahun ini Mahakam Riverside Market (Marimar) berencana kembali menggelar event serupa. Dengan tajuk East Asian Culture 2.0 yang akan berlangsung pada 15-16 Februari 2023.
East Asian Culture 2.0 tahun ini akan dimeriahkan oleh beberapa agenda seperti cosplay competition, henshin challenge, K-pop dance cover, Japan song party, bazar dan sejumlah game untuk memeriahkan peserta dan pengunjung yang hadir.
Animo Budaya Jepang dan Korea Sangat Besar
Chief Executive Office Marimar, Rimawati mengungkapkan, East Asian Culture yang sudah memasuki edisi kedua ini, kembali dihelat karena tingginya animo pengunjung yang hadir, saat event ini pertama kali digelar 2022 lalu.
”Awalnya saya dan tim coba-coba buat event yang fanbase-nya banyak, beberapa ide muncul dari lomba karaoke, band festival, stand up comedy. Tapi kalo melihat traffic intensitas jenis event-nya, event yang mengusung culture Asia ini, meskipun sering banget dibuat oleh banyak promotor tetap aja ngga pernah sepi (pengunjung),” ucapnya saat dikonfirmasi Kaltimetam.id, Selasa (14/2/2023).
Jadi Wadah Untuk Cosplay dan K-pop Tampil
Rima, sapaan akrabnya, mencoba memberikan wadah untuk para pecinta Jepang, dan K-pop untuk mengembangkan minat, dan bakatnya melalui event East Asian Culture ini.
”Saat itu popularitas K-pop dan cosplay cukup booming di Indonesia. Tapi beda dengan K-pop yang cenderung suka tampil, cosplayer idol ini hampir tidak dikenali (introvert). Lewat event ini, kami mencoba mengulik potensi mereka, buat bisa meraih simpati dan perhatian masyarakat dengan mengajak kolaborasi antara K-pop dan cosplay di tempat tempat yang potensial bagi mereka untuk show up atau unjuk bakat,” tegasnya.
Belasan Ribu Pengjung Datang di East Asian Culture 2022
Kilas balik, Rima bercerita edisi awal East Asian Culture 2022. Kala itu, mampu mendatangkan ribuan pengunjung selama dua hari event dilangsungkan.
“Mudahan tahun ini lebih rame ya, berkaca di East Asian Culture tahun lalu, animo pengunjung hingga 12 ribu dalam dua hari. Itulah yang membuat kami ingin kembali menggarap event ini,” ujar Rima.
East Asian Culture Berdampak Positif pada Tenant
Rima menambahkan, kehadiran setiap event yang digelarnya, cukup berdampak positif sebagai salah satu sarana promosi bagi UMKM atau tenant-tenant yang ada di dalam Marimar.
”Setiap event sama ya, impactnya bisa saja tidak di hari event karena mostly orang lebih fokus dengan event itu sendiri. Tapi dampak terbesarnya akan sangat terasa setelah event itu di hari-hari berikutnya, karena event ini hadir sebagai media promo Marimar dan tenant-tenant di dalamnya, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu,” tandasnya. (DRA/RTA)
Ikuti informasi terbaru dan terkini di Instagram @Kaltimetam.id
Baca berita Hobi dan Hiburan lainnya: Yono Bakrie, Pemuda Asal Samarinda Ini Sukses Raih Juara Suci X